adsense

About

Pages

Sabtu, 23 Juni 2012

TAMAN NASIONAL LORENZ-PAPUA

TAMAN NASIONAL LORENZ-PAPUA(KEINDAHAN ALAM DARI TIMUR INDONESIA)

A.selayang pandang

Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional yang terletak di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, Indonesia. Kawasan ini semula berstatus cagar alam, namun seiring dengan dikeluarkannya SK. Menteri Pertanian No. 44/Kpts/Um/I/1978, kawasan ini ditetapkan sebagai taman nasional seluas 2.150.000 hektar.

Pada tahun 1997 Taman Nasional Lorentz ini diperluas menjadi 2.505.600 hektar, sesuai dengan SK Menteri Kehutanan No. 154/kpts-II/1997. Pada tahun 1999, oleh menteri kehutanan Taman Nasional Lorentz disetujui menjadi salah satu dari tiga situs warisan dunia di Indonesia, setelah Taman Nasional Komodo dan Taman Nasional Ujung Kulon (Provinsi Banten).

Letak Taman Nasional Lorentz yang membentang dari puncak Gunung Jayawijaya (5.030m dpl) yang diselimuti salju, hingga perairan pesisir pantai dengan hutan bakau, membuat kawasan ini memiliki perwakilan ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik.

Dalam bentangan tersebut, terdapat spektrum ekologis yang menakjubkan dari kawasan vegetasi alpin, sub-alpin, montana, sub-montana, dataran rendah, dan lahan basah.

B. Keistimewaan

Sebagian besar dari kawasan ini merupakan hutan perawan yang memiliki beragam rupa keindahan alam. Mulai dari hutan bakau dan nipah yang berada di kawasan pantai, hingga hutan perawan di zona ekosistem sub-alpin dan alpin.

Hutan bakau dan nipah, yang terletak di sisi selatan Taman Nasional Lorentz memiliki akar-akar bakau yang tersusun rapi di atas permukaan laut. Akar-akar ini, seakan menjadi hiasan tepi pantai yang mengelilingi Taman Nasional Lorentz.

Sementara itu, bagian barat, timur, dan utara, dipenuhi dengan pepohonan rimbun, yang diselingi dengan sungai-sungai, baik besar maupun kecil. Aliran sungai ini, selain mampu menghiasi tepian gunung, juga membentuk air terjun di beberapa titik di kawasan taman nasional ini. Sebagian dari sungai-sungai ini, mengalir memasuki bumi Papua, dan membentuk sungai bawah tanah.

Keragaman flora di kawasan ini, diikuti dengan keragaman fauna juga. Dipaparkan, di kawasan ini terdapat sekitar 42 spesies mamalia, yang sebagian besar merupakan hewan langka, dan dua di antaranya merupakan spesies baru.

Mamalia yang ada di kawasan ini antara lain, kangguru pohon, landak irian, tikus air, walabi coklat, dan kuskus totol. Selain itu, kawasan ini juga dihuni oleh sekitar 45 jenis burung, salah satu yang paling terkenal dan langka adalah cendrawasih. Sementara itu, diperkirakan terdapat lebih dari 1.000 spesies ikan, di antaranya adalah ikan kaloso atau yang populer dengan nama ikan arwana.

Selain memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, keunikan lain dari Taman Nasional Lorentz adalah keberadaan gletser di puncak Gunung Jayawijaya. Di Indonesia, gletser seperti ini hanya terdapat di Taman Nasional Lorentz. Di sekitar kawasan gunung Jayawijaya ini pula, terdapat tiga buah danau besar, yakni Danau Larson, Danau Dyscovery, dan Danau Hoguyugu.

Wisatawan yang mengunjungi kawasan taman nasional ini, tidak hanya dapat menikmati keindahan alam saja, namun juga dapat menikmati wisata budaya. Kawasan ini, juga merupakan tempat bermukim suku Nduga, suku Dani Barat, suku Asmat, suku Sempan, dan suku Amungme. Kebudayaan masyarakat yang bermukim di kawasan ini telah ada sejak sekitar 30.000 tahun yang lalu.

C. Lokasi

Kawasan Taman Nasional Lorentz sendiri, secara administratif meliputi tiga kabupaten di Provinsi Papua yakni, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Paniai, dan Kabupaten Merauke. Sementara pada bagian barat kawasan ini, merupakan bagian dari Kabupaten Fak-fak, Provinsi Papua Barat, Indonesia.

D. Akses

Untuk mencapai Taman Nasional Lorentz, pengunjung dapat menggunakan pesawat perintis dari Kota Timika menuju bagian utara Taman Nasional Lorentz yang terletak di Kabupaten Paniai. Selain itu, dengan menggunakan pesawat perintis, pengunjung juga dapat terbang ke bagian selatan, tepatnya ke Kabupaten Merauke. Dari kabupaten ini, pengunjung dapat menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma, dan dilanjutkan dengan jalan setapak ke beberapa lokasi.

E. Harga Tiket

Harga tiket masih dalam konfirmasi. Namun, bagi pengunjung yang hendak mengujungi Taman Nasional Lorentz, dapat menghubungi terlebih dulu Balai Taman Nasional Lorentz, untuk konfirmasi cara mengunjungi kawasan taman nasional ini. Balai Taman Nasional Lorentz terletak di Jl. Raya Abepura, Kotaraja, PO BOX 1217, Jayapura, Papua Barat (telp: 0967-581596).

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di Taman Nasional Lorentz belum tersedia berbagai akomodasi dan fasilitas yang menunjang.
Wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini disarankan untuk membawa peralatan berkemah yang memadai. Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh alam untuk beristirahat, seperti gua, dataran rendah, danau, dan sebagainya.




sumber:cloud.papua.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger